Teks Editorial

Posted on

Teks Editorial – Pada umumnya maksud dan tujuan dari teks editorial ialah untuk mempengaruhi, menggiring opini/pandangan dan mengajak pembaca untuk berpikir tentang latar belakang dan solusi masalah yang dipaparkan dalam sebuah tajuk.

Struktur penyampaian opini dalam penulisan teks editorial sendiri memiliki tiga unsur dasar yakni mengandung Pertanyaan pendapat (tesis), argumentasi dan penegasan ulang pendapat (Reiteration). Nah agar lebih dapat memahami apa itu Teks Editorial simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Teks Editorial

Teks editorial ialah tulisan yang ditulis oleh reaktur utama media yang berisikan pendapat, pandangan umum atau reaksi mengenai suatu peristiwa atau kejadian (berita aktual) yang tenga menjadi sorotan masyarakat.

Dan sementara itu Kosasih (2017, hlm. 282) menungkapkan bahwa teks editorial merupakan kolom khusus Alma surat kabar yang berisi tanggapan redaksi media baik itu sekedar pendapat, kritik, pujian hingga sindiran terhadap suatu peristiwa factual yang tengah terjadi di lingkungan masyarakat luas.

Teks editorial juga sering disebut dengan tajuk rencana yang berarti artikel utama dari suatu surat kabar yang berisi pandangan redaksi (tim penulis dan penyusun koran) terhadap suatu isu pada saat koran tersebut diterbitkan.

Sumadiria (2011, hlm. 82) menyatakan bahwa tajuk rencana dapat diartikan sebagai opini redaksi yang berisi aspirasi, pendapat dan sikap resmi media terhadap berbagai persoalan, kejadian atau fenomena aktual yang kontroversial yang sedang terjadi di dalam lingkungan masyarakat.

Intinya kolom tersebut ialah kolom khusus berupa opini untuk menanggapi berita yang sedang hangat-hangatnya di perbincangkan dikalangan masyarakat luas. Karena hal yng ditanggapinya ialah teks berita, maka di dalamnya juga terkandung fakta yang bercampur dengan pendapat subjektif (bukan fakta).

Maka oleh karena itu dapat membedakan mana yang fakta dan mana yang sekedar opini ialah suatu keharusan dalam menanggapinya. Teks editorial yang baik akan membuka horizon yang lebih luas dan tidak memaksakan suatu ideology tertentu bagi pembacanya.

Membedakan Fakta Dan Opini Dalam Teks Editorial

Namun jika respons kita terhadap tulisan itu juga kurang baik, bisa jadi kita menyalah artikan maksud sebenarnya pula. Pada akhirnya kita sebagai pembaca juga harus mampu membedakan fakta dan opini untuk memastikannya, nah berikut ialah cara membedakan fakta dan opini dalam teks editorial.

  • Pilah berbagai kalimat yang mengandung: kritik, penilaian, prediksi, harapan, dan saran. Kalimat seperti itu adalah opini dan bukan fakta.
  • Pisahkan berbagai kalimat yang mengandung data fakta seperti kalimat yang menyatakan suatu angka statistik dari lembaga terpercaya, atau kalimat langsung dari hasil wawancara narasumber.
  • Identifikasi peristiwa, tokoh, kejadian, dan semua yang berhubungan dengan berita yang dikomentari dalam teks editorial.
  • Verifikasi kebenaran berbagai data, peristiwa, dan semua konteks lainnya yang digunakan dalam teks editorial. Caranya dapat sesederhana membandingkannya dengan berita dari media lain atau mengakses website resmi penyedia data.
Baca Juga  Indikator Asam Basa

Struktur Teks Editorial

Karena teks editorial ialah suatu opini atau pendapat, maka teks ini termasuk ke dalam teks eksposisi, dengan demikian struktur umum dari teks ini juga meliputi: tesis, argumentasi dan penegasan. Nah berikut ini penjelasan lengkapnya berdasarkan yang diungkapkan oleh Tim Kemdikbud (2017, hlm. 98).

  • Tesis (Pengenalan Isu)
    Merupakan pendahuluan teks editorial berupa pendapat dan gambar umum mengenai isu yang dikomentari.
  • Argumen (Penyampaian Pendapat)
    Pembahasan mendetail mengenai peristiwa yang dikomentari penguatan terhadap pendapat dalam bentuk argumen logis maupun data faktual.
  • Penegasan (Ulang)
    Merupakan saran, rekomendasi, kesimpulan, hingga harapan yang berkaitan dengan solusi ataupun sekedar prediksi ke depan mengenai berita yang dikomentari.

Sementara itu, menurut Kosasih (2017, hlm. 285) berikut adalah struktur dari teks editorial yaitu:

  • Pengenalan Isu
    Bagian ini adalah pembuka dari suatu persoalan aktual yang ditulis. Sehingga, pengenalan isu dalam paragraf sangat dibutuhkan untuk memberikan konteks awal kepada pembaca. Bagian ini dapat berisi pengenalan isu utama yang menjadi sorotan, tokoh, opini masyarakat (pro-kontra), dan hal umum lain yang membantu.
  • Penyampaian Argumen-Argumen
    Merupakan tanggapan para penyusun media yang bersangkutan (redaktur) mengenai kejadian, peristiwa atau persoalan aktual yang sedang disoroti dalam teks editorial. Pada bagian ini redaktur dapat menunjukkan di mana posisinya (keberpihakannya) terhadap isu yang dibahas, setuju? Tidak setuju? atau justru hanya mengapresiasi dan memberikan pujian saja.
  • Kesimpulan, Saran, Ataupun Rekomendasi
    Bagian ketiga ini adalah penutup dan dapat dikatakan menjadi sikap akhir, saran, kesimpulan, maupun rekomendasi dari informasi yang dikomentari.

Saran/Rekomendasi Yang Baik

Perlu digaris bawahi bawah saran yang baik tidak akan hanya sekedar membahas gambaran umum solusinya saja. Saran harus lengkap dengan gambaran khususnya sehingga tidak pihak yang dikritik tidak merasa disepelekan, saran atau rekomendasi yang baik adalah:

  • Benar-benar dapat menjadi solusi bagi penerima saran untuk memecahkan masalahnya.
  • Bersifat praktis atau dapat dipraktikkan, tidak hanya teoretis.
  • Ditunjukkan gambaran khususnya (bagaimana langkah atau caranya), tidak hanya berupa gambaran umum.

Kaidah Kebahasaan Teks Editorial

Sedangkan dari kaidah kebahasaan, meskipun teks ini termasuk ke dalam teks eksposisi, ciri kebahasaannya justru lebih dekat dengan bahasa jurnalistik. Hal ini karena pada dasarnya tujuan penulisan teks editorial ialah menyampaikan pendapat mengenai suatu berita.

Baca Juga  Pasar Monopoli

Oleh karena itu wajar saja jika kaidah kebahasaannya juga masih berkaitan erat dengan teks berita. Nah berikut ialah ciri-ciri bahasa atau kaidah kebahasaan teks editorial yaitu:

  • Banyak menggunakan kalimat retoris. Kalimat retoris utama yang sering digunakan adalah kalimat pertanyaan yang tidak ditujukan untuk dijawab namun untuk merangsang pembaca agar merenungkan suatu masalah lebih dalam.
  • Penggunaan kata-kata populer sehingga lebih mudah untuk dicerna oleh khalayak masyarakat seperti: menengarai, pencitraan, balada, terkaget-kaget, dsb. Penggunaan kata populer juga ditujukan agar pembaca tetap rileks meskipun tulisan dipenuhi tanggapan kritis.
  • Banyak menggunakan kata ganti penunjuk yang merujuk tempat, peristiwa, waktu, seperti: ini, itu, ke sini, begitu.
  • Banyak menggunakan kata penghubung atau konjungsi kausalitas (sebab-akibat) seperti: sehingga, karena, sebab, oleh sebab itu (Kemdikbud, 2017, hlm. 100).

Ciri Teks Editorial (Isi Teks Editorial)

Berdasarkan berbagai penjelasan yang telah dipaparkan dapat disimpulkan bahwa ciri-ciri teks editorial ialah sebagai berikut:

  • Berisi fakta atau peristiwa yang aktual, sedang ramai diperbincangkan, hingga kontroversial.
  • Berupa opini atau pendapat redaksi media massa terhadap peristiwa yang diberitakan
  • Memiliki kritik, penilaian, apresiasi, prediksi, saran maupun harapan terhadap isu yang dibahas.
  • Terdapat saran atau rekomendasi yang dapat menjadi solusi ditunjukkan oleh bagaimana caranya secara konkret.

Tahapan Menulis Teks Editorial

Sederhananya, Sumadiria (2011, hlm. 90) mengungkapkan bahwa proses penggarapan teks editorial (tajuk rencana) terbagi menjadi empat tahap yaitu:

  • Pencarian ide dan topic
  • Seleksi dan penetapan topic
  • Pembobotan substansi materi dan penetapan tesis
  • Proses pelaksanaan penulisan

Dan sementara itu, Tim Kemdikbud (2017, hlm. 106) langkah-langkah untuk menulis teks editorial ialah sebagai berikut:

  • Bacalah dua atau tiga teks editorial/tajuk rencana dari sumber berita (media massa) yang berbeda sebagai berbagai referensi gaya penulisan.
  • Susunlah data isu-isu utama untuk dirumuskan menjadi pernyataan umum.
  • Telusuri data-data pendukung atas pernyataan umum sudah ditulis sebelumnya dari berbagai sumber terpercaya seperti buku, media massa terpercaya, lembaga penelitian, badan pusat statistik, jurnal ilmiah baik secara daring maupun luring.
  • Susun perincian data data tersebut lalu analisis dan buat argumen berdasarkan hasil analisisnya.
  • Tafsirkan berbagai argumen-argumen yang telah dibuat menjadi pendapat baik berupa kritik, apresiasi, harapan, atau penilaian umum.
  • Kemukakan saran atau rekomendasi dan tunjukkan caranya, agar memberikan solusi, bukan hanya sekedar kritik saja atau rincikan kebaikannya tidak hanya memuji saja.
  • Kemaslah seluruh kerangka yang telah dipersiapkan menjadi tulisan teks editorial dengan kalimat dan paragraf yang efektif agar tidak terlalu panjang dan tetap ringan untuk dibaca; 8-10 paragraf, setiap paragraf terdiri dari 2-3 kalimat.
Baca Juga  Teks Diskusi

Kemudian, Kosasih (2017, hlm. 293) mengatakan langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Memilih (selecting)
    Merupakan langkah yang memilih isu-isu hangat yang akan diangkat ke dalam tulisannya.
  • Mengumpulkan (collecting)
    Maksud dari mengumpulkan adalah mengumpulkan berbagai data yang dapat memperkuat argumen dan opini yang akan disampaikan agar editorial lebih dari sekedar opini.
  • Mengaitkan (connecting)
    Berarti mengaitkan atau menghubungkan data dan argumen, hingga mendiskusikannya dengan seluruh anggota redaksi, karena editorial mewakili media secara keseluruhan, bukan opini pribadi.
  • Memperbaiki (correcting)
    Membaca kembali tulisan secara menyeluruh dan memastikan tidak ada dalam ketepatan isi, struktur, dan kaidah kebahasaan.

Contoh Teks Editorial

Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan

Pendidikan adalah salah satu kebutuhan dasar manusia dan merupakan kunci dari kemajuan suatu bangsa. Semua orang pasti menyadari bahwa pendidikan yang berkualitas dapat meningkatkan peluang dalam menjadikan bangsa ini sejajar dengan negara-negara yang telah dicap maju. Akan tetapi, nyatanya kualitas pendidikan di sini belumlah begitu bagus dibandingkan dengan negara lain.

Lembaga pendidikan mengupayakan banyak cara untuk mencetak lulusan yang berkualitas demi mengantisipasi terhadap perubahan dan tantangan yang kian sulit. Namun keberhasilannya juga dipengaruhi oleh berbagai kondisi.

Untuk mencapai keberhasilan dalam meningkatkan mutu pendidikan, perlu dilakukan beragam upaya secara sungguh-sungguh. Dan mencari solusi permasalahan yang mungkin nanti akan dihadapi.

Usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan sangatlah penting untuk menjawab tantangan globalisasi, kemajuan IPTEK, dan pergerakan masif para tenaga ahli. Lembaga pendidikan dituntut untuk bisa mencetak orang-orang terdidik yang berkualitas karena sengitnya persaingan antar bangsa. Sehingga memiliki keahlian dalam kompetensi profesional serta siap untuk menghadapi kompetisi global.

Pada era teknologi seperti sekarang ini, guru bukanlah satu-satunya sumber informasi dan ilmu pengetahuan. Peran guru telah bergeser menjadi motivator, fasilitator, juga dinamisator. Keberadaan teknologi internet membuat banyak sumber yang bisa dijadikan sebagai materi pembelajaran.

Kesimpulan

Dalam kondisi seperti inilah, peran guru sebagai pendidik terasa sangat besar dan tak tergantikan. Karenanya perlu melakukan peran secara lebih efektif, sehingga diperlukan peningkatan langkah dan usaha yang jelas serta tepat sasaran.

Beberapa usaha dalam meningkatkan kualitas pendidikan menjadi tantangan besar yang menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah dan harus segera diselesaikan.

Demikianlah pembahasan mengenai Teks Editorial semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.