Pengertian Promosi

Posted on

Pengertian Promosi – Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai Promosi yang dimana meliputi Pengertian Promosi, Tujuan Promosi, Manfaat Promosi, Jenis promosi, Contoh Promosi Dan Faktor Yang Mempengaruhinya Promosi.

Dalam hal ini kata-kata promosi pasti sudah sering sekali kita lihat dan kita dengar setiap hari di sekitar kita, mulai dari obrolan teman atau keluarga dari media cetak dari papan reklame atau papan billboard di jalan dari radio dari televise, dari internet dan masih banyak lagi.

Tetapi mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui dengan jelas apa itu pengertian promosi, tujuan promosi, manfaat promosi, jenis promosi, contoh promosi dan faktor yang mempengaruhi promosi, nah agar lebih dapat memahami simak pemaparan selengkapnya dibawah ini.

Pengertian Promosi Secara Umum

Lantas apa itu promosi? Pengertian Promosi adalah suatu aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan dengan masyarakat luas, dimana tujuannya adalah untuk memperkenalkan sesuatu “barang/jasa/merek/perusahaan” kepada masyarakat dan sekaligus mempengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut.

Promosi adalah kegiatan pemasaran yang umum dilakukan tenaga pemasar untuk memberikan informasi suatu produk dan mendorong konsumen agar melakukan pembelian produk tersebut. Cara dan media promosi ada banyak sekali, bahkan metode promosi selalu berkembang dari waktu ke waktu.

Masyarakat awam sering mendengar dan membaca promosi, baik itu promosi dalam bentuk media cetak, baliho, billboard, radio, televise dan internet. Mereka yang memiliki minat yang sesuai dengan iklan atau promosi tersebut umumnya akan membaca informasi yang ada di promosi tersebut lebih lama.

Pengertian Promosi Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa arti promosi kita dapat merujuk kepada pendapat beberapa ahli, dibawah ini adalah pengertian promosi menurut para ahli diantaranya yaitu:

  • Menurut Harper Boyd
    Menurut Boyd, definisi promosi adalah upaya membujuk orang untuk menerima produk, konsep dan gagasan.
  • Swastha
    Menurut Swastha, pengertian promosi adalah persuasi satu arah yang di buat untuk mempengaruhi orang lain yang bertujuan pada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam pemasaran.
  • Boone Dan Kurtz
    Menurut Boone dan Kurtz, definisi promosi adalah proses menginformasikan, membujuk, dan mempengaruhi suatu keputusan pembelian.
  • Tjiptono
    Menurut Tjiptono, arti promosi adalah bentuk komunikasi pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/ membujuk dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli, dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
  • Kotler
    Menurut Kotler, pengertian promosi adalah bagian dan proses strategi pemasaran sebagai cara untuk berkomunikasi dengan pasar dengan menggunakan komposisi bauran promosi “promotional mix”.
  • Gitosudarmo
    Menurut Gitosudarmo, pengertian promosi adalah kegiatan yang ditujukan untuk mempengaruhi konsumen agar mereka mengenal produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada mereka dan kemudian mereka menjadi senang lalu membeli produk tersebut.
Baca Juga  Ciri Ciri Cerita Fiksi Adalah

Tujuan Promosi

Orang melakukan promosi untuk mencapai suatu tujuan tertentu, adapun tujuan promosi berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber adalah:

  • Untuk menyebarkanluaskan informasi suatu produk kepada calon konsumen yang potensial.
  • Untuk mendapatkan konsumen baru dan untuk menjaga loyalitas konsumen tersebut.
  • Untuk menaikkan penjualan serta laba/keuntungan.
  • Untuk membedakan dan mengunggulkan produknya dibandingkan dengan produk competitor.
  • Untuk branding atau membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
  • Untuk merubah tingkah laku dan pendapat konsumen tentang suatu produk.

Manfaat Promosi

Adapun manfaat atau fungsi promosi bagi perusahaan atau bisnis lainnya yaitu:

  • Untuk mengetahui produk yang diinginkan dan dibutuhkan konsumen.
  • Untuk mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan produk.
  • Untuk mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga ke tangan konsumen.
  • Untuk mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran.
  • Untuk mengetahui strategi promosiyang tepat kepada para konsumen.
  • Untuk mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasi hal tersebut.
  • Untuk menciptakan image produk.

Jenis Jenis Promosi

Ada banyak sekali jenis dan cara orang melakukan promosi, beda produk atau jasa beda pula cara dan media promosinya. Nah berikut ini ialah jenis jenis promosi yang biasa kita lihat berikut ini:

Promosi Secara Fisik

Promosi dapat diadakan di lingkungan fisik yang umumnya dilaksanakan pada acara-acara spesifik atau event-event spesifik yang diadakan di suatu tempat seperti pameran, bazar, festival, konser, dan semacamnya. Biasanya para penjual terhubung semacam “stand” atau “booth” untuk menampilkan dan tawarkan produk atau jasanya.

Kelebihan jenis promosi secara fisik dan langsung adalah dapat menjangkau langsung para calon konsumen, mereka dapat secara langsung memandang produk atau jasa yang ditawarkan, dan dapat langsung menanyakan segala sesuatu hal tentang produk atau jasa tersebut.

Dan berasal dari pihak penjual hal ini dimanfaatkan untuk membujuk dan merayu calon kastemer agar membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan pada selagi itu juga. Ya, pertalian di lapangan sangat sangat mungkin orang langsung melakukan pembelian.

Baca Juga  Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

Kekurangan langkah promosi secara fisik adalah sangat terbatasnya kuantitas calon kastemer karena cuma diadakan di lingkungan atau tempat spesifik seperti perkantoran, kampus, sekolah, dan semacamnya.

Promosi Lewat Fasilitas Tradisional

Yang dimaksud jenis promosi lewat fasilitas tradisional adalah via fasilitas cetak seperti koran, majalah, tabloid, dan sejenisnya, dan fasilitas elektronik seperti radio dan televisi, dan juga fasilitas di luar ruangan seperti iklan banner atau papan reklame atau papan billboard.

Kelebihan jenis promosi lewat fasilitas tradisional adalah dapat menjangkau lebih banyak calon kastemer daripada dengan promosi secara fisik, karena jangkauan fasilitas yang sebenarnya lumayan luas.

Kekurangan langkah promosi lewat fasilitas tradisional adalah memerlukan cost yang sangat besar, karena melibatkan media-media besar seperti televisi, penyedia papan billboard, dan lain sebagainya.

Promosi Lewat Fasilitas Digital

Jenis promosi lewat fasilitas digital mencakup fasilitas internet dan social fasilitas atau jejaring social. Ini adalah langkah moderen untuk berpromosi karena sangat mungkin orang memandang produk atau jasa yang dipromosikan lewat teknologi terkini seperti ponsel atau laptop.

Banyak para pengusaha yang telah beralih memakai fasilitas digital sebagai trik promosi mereka karena sebenarnya fasilitas digital selagi ini merupakan langkah paling efektif untuk menjangkau kastemer mereka tiap-tiap hari.

Lebih berasal dari 2,7 miliar orang memakai internet di seluruh dunia, yakni sekitar 40% berasal dari populasi dunia. 67% berasal dari seluruh pengguna internet secara global memakai fasilitas sosial.

Kelebihan promosi memakai fasilitas digital adalah dapat menjangkau orang secara sangat luas dengan selagi dan cost yang efisien.

Kekurangannya berpromosi dengan fasilitas digital adalah banyak sekali kompetitor atau pesaing yang turut bermain didalamnya. Tugas yang lumayan berat bagi para pemasar agar lebih kreatif kembali didalam berpromosi di fasilitas digital ini agar lebih menarik calon kastemer dibandingkan kompetitor.

Dari beberapa jenis promosi diatas, promosi lewat fasilitas digital adalah yang paling banyak dilaksanakan selagi ini, karena segi efisiensi cost dan penyebarannya yang luas dan relatif lebih cepat.

Contoh Promosi

Adapun berikut ialah beberapa contoh promosi yang sudah sangat umum diantaranya yaitu:

  • Promosi di sebuah toko : beli 2 pasang sepatu dapat gratis 1 pasang sepatu tambahan.
  • Promosi dari suatu provider telekomunikasi : nelpon 5 menit dapat gratis telpon selama 30 menit.
  • Promosi di sebuah department store : dapat potongan harga 30% untuk suatu produk tertentu.
  • Promosi di sebuah restoran : beli makanan tertentu gratis minuman.
Baca Juga  Contoh Cerpen

Faktor Yang Mempengaruhi Bauran Promosi

Menurut Swastha dan Irawan “2008:355” ada beberapa hal yang mempengaruhi bauran promosi diantaranya yaitu:

Jumlah Dana/Budget

Jumlah dana yang ada untuk lakukan promosi sangat mempengaruhi promotional mix, umumnya perusahaan berskala nasional mempunyai dana yang lebih besar, kegiatan promosi yang dilakukan umumnya lebih efisien dan lebih menjangkau pasar dibandingkan perusahaan yang mempunyai dana promosi terbatas.

Sifat Pasar

Diantara sifat pasar yang mempengaruhi bauroan promosi adalah:

  • Luas pasar secara geografis
    Perusahaan yang mempunyai pasar lokal berlainan dengan perusahaan yang mempunyai jangkauan pasar nasional ataupun internasional. Biasanya perusahaan jangkauannya pasar lokal bisa saja promosi dilakukan hanya sebatas personal selling telah cukup, saat untuk pasar nasional ataupun internasional wajib mengfungsikan media periklanan supaya lebih terjangkau.
  • Konsentrasi pasar
    Konsentrasi pasar termasuk mempengaruhi siasat promosi yang dilakukan perusahaan terhadap; kuantitas calon pembeli yang ada, kuantitas calon pembeli potensial, dan juga konsentrasi secara nasional. Perusahaan yang memfokuskan pada satu grup pembeli saja, pemanfaatan alat promosinya berlainan dengan dengan perusahaan yang menjual pada semua grup pembeli.
  • Macam pembeli
    Strategi promosi yang dilakukan perusahaan termasuk terpengaruh sasaran didalam kampanye penjualan, apakaha pembelinya industri, pembeli rumah tangga, maupun model pembeli lainnya. Perantara perantara pedagang termasuk ikut mempengaruhi didalam program promosi perusahaan

Jenis Produk

Faktor lainnya ikut mempengaruhi kegiatan promosi adalah model produknya, apakah apakah barang mengonsumsi atau barang industri. Dalam memasarkan produk barang-barang mengonsumsi termasuk beragam, apakah barang konvenien, shopping, atau barang spesial. Begitu termasuk sebaliknya pada barang industri langkah mempromosikan instalasi pasti berlainan dengan perlengkapan operasi.

Tahap-Tahap Didalam Siklus Kehidupan Barang

Dalam siklus kehidupan barang ada tahapan yakni sebagai berikut:

  • Tahap perkenalan, Perusahaan wajib mengusahakan untuk menambah permohonan primer (permintaan pada satu model produk) khususnya dahulu, bukan permohonan selektif (permintaan dengan merk tertentu). Perusahaan wajib menjual kepada pembeli melalui promosi produk selanjutnya sebelum saat mempromosikan merk tertentu.
  • Tahap pertumbuhan, kedewasaan, kejenuhuan, perusahaan dapat menitikberatkan periklanan didalam kegiatan promosinya.
  • Tahap kemunduran/penurunan; sebelum saat memasuki tahap ini, perusahaan wajib telah mengakibatkan produk baru dan sudah pasti yang lebih baik. Ini sebab penjualan produk lama telah tidak menentu dan juga tingkat keuntungan yang diperoleh cendrung alami penurunan atau telah tidak dapat mencetak laba, atau untung.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Promosi semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.