Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli – Lantas apa itu administrasi? Yang kita tentu sering mendengar istilah administrasi, dalam hal ini berhubungan dengan istilah perkantoran, usaha dan pemerintahan. Arti administrasi memang dapat didefinisikan sebagai kegiatan untuk menetapkan tujuan.

Dan cara-cara penyelenggaraan pembinaan dalam lembaga atau organisasi tertentu pada berbagai bidang, termasuk perkantoran, kepegawaian dan pemerintahan.

Dalam ilmu administrasi, tentu mempunyai fungsi dan tujuan yang penting dalam sebuah usaha atau kegiatan tertentu. Fungsi administrasi diantaranya digunakan sebagai fungsi perencanaan, fungsi penyusunan, fungsi kordinasi, fungsi laporan, fungsi penyusunan anggaran, fungsi penempatan, fungsi pengarahan dan sebagainya.

Untuk hal ini adapun unsur-unsur administrasi meliputi organisasi, menajemen, komunikasi, kepegawaian, keuangan, perbekalan, tata usaha dan relasi public. Hal-hal tersebut menjadi unsur penting dalam ilmu administrasi yang terdapat dalam berbagai bidang, baik pemerintahan, ekonomi, pendidikan dan lain-lain.

Ciri-ciri administrasi diantaranya adanya kelompok manusia dua orang atau lebih serta terdapat kerja sama, proses atau usaha, bimbingan dan kepengawasan, serta tujuan yang ingin dicapai. Ilmu administrasi sangat penting guna membuat perencanaan dan meningkatkan produktivitas di berbagai lingkungan kerja.

Daftar Isi

Baca Juga  Ciri Ciri Cerita Fiksi Adalah

Arti Administrasi Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Pengertian administrasi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) ialah usaha dan kegiatan yang meliputi penetapan tujuan serta penetapan cara-cara penyelenggaraan pembinaan organisasi.

Administrasi juga bisa diartikan sebagai usaha dan kegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan kebijakan untuk mencapai tujuan atau kegiatan yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan tata usaha.

Pengertian Administrasi Secara Umum

Pengertian administrasi secara umum ialah usaha atau kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan, yang termasuk dalam kegiatan administrasi diantaranya yakni kegiatan mencatat, menyurat, pembukuan ringan, mengetik, membuat agenda dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan di berbagai bidang.

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Nah berikut ini merupakan beberapa pengertian dan definisi administrasi menurut pendapat dari para ahli dan pakar, baik dari dalam negeri maupun luar negeri diantaranya yaitu:

Menurut George R. Terry

Pengertian administrasi menurut George R. Terry ialah sebuah perencanaan, pengendalian dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Menurut Arthur Grager

Definisi administrasi menurut Arthur Grager ialah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat suatu organisasi.

Menurut Ulbert

Arti administrasi ialah penyusunan dan pencatatan data atau informasi secara sistematis, baik internal maupun eksternal sebagi upaya untuk menyediakan keterangan serta memudahkan untuk mendapatkannya kembali, baik itu sebagian ataupun seluruhnya. Jika diringkas, administrasi disebut juga dengan istilah tata usaha.

Menurut Sondang P. Siagian

Pengertian administrasi secara umum ialah segala bentuk dari proses kerjasama antara dua individu atau lebih atas dasar rasionalitas terpilih untuk mencapai tujuan yang ditentukan sebelumnya.

Menurut Willam Leffingwell Dan Edwin Robinson

Pengertian administrasi ialah suatu bagian dari ilmu manajemen yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan dan dimana pekerjaan tersebut harus dilakukan.

Menurut Munawardi Reksohadiprowiro

Administrasi dalam arti sempit diartikan sebagai pemerintahan, termasuk tiap pengaturan secara sistematis serta penentuan fakta dan ditulis dengan tujuan memperoleh pandangan yang komprehensif dan keterkaitan antara fakta dengan fakta lain.

Menurut Leonard D. White (1958)

Pengertian administrasi menurut Leonard D. White ialah proses yang umum di semua upaya kelompok, baik di perusahaan public atau pun swasta.

Baca Juga  Teks Editorial

Menurut Wiliaw H. Newman (1963)

Definisi administrasi menurut Newman ialah kepimpinan dan pengawasan kelompok usaha individu untuk mencapai tujuan bersama.

Menurut W.H. Evans

Arti administrasi merupakan fungsi yang berkaitan dengan manajemen dan arah semua tahap operasi perusahaan dalam bahan pengolahan informasi, komunikasi dan memori organisasi.

Menurut FX Soedjadi (1989)

Definisi administrasi secara singkat diarrikan sebagai sebuah kegiatan prosedur dalam usaha perkantoran, diantaranya yakni mencatat, mengetik, menggandakan dan sebagainya.

Menurut Soewarno Handayaningrat

Administrasi diartikan sebagai sebuah kegiatan perkantoran yang meliputi catatan, korespondensi, pembukuan ringan, ketik-mengetik, sehingga agenda teknis dan administratif.

Menurut John M. Pfiffer dan Robert V

Pengertian administrasi di bidang kenegaraan adalah proses yang berkaitan dengan pelaksanaan kebijakan-kebijakan pemerintah, keterampilan bimbingan dan teknik-teknik yang tidak terbatas jumlahnya, memberikan arah dan tujuan untuk mencoba sejumlah orang.

Menurut Simon (1958)

Pengertian administrasi menurut Simon (1958) diartikan sebagai sebuah kegiatan kelompok yang mengadakan kerjasama untuk menyelesaikan tugas bersama-sama.

Menurut The Liang Gie

Definisi administrasi secara luas diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam suatu kemitraan untuk mencapai tujuan tertentu.

Menurut Wijana

Menurut Wijana, pengertian administrasi di bidang pemerintahan merupakan kumpulan seluruh organ-organ negara baik yang rendah atau tinggi, yang bertugas menyelenggarakan pelaksanaan pemerintahan serta kepolisian.

Menurut Ordway Tead (1953)

Administrasi didefinisikan sebagai usaha yang luas yang mencakup semua bidang untuk memimpin. mengusahakan, mengatur kegiatan kerjasama manusia yang dtujukan pada tujuan dan maksud tertentu.

Menurut Bachsan Mustafa, SH

Administrasi merupakan kombinasi dari posisi yang dibentuk serta diatur bertingkat dipercayakan kepada tubuh – membuat badan hukum-hukum dan badan kehukuman.

Menurut Drs. The Liang Gie Dan Drs. Sutarto (1977)

Administrasi merupakan serangkaian kegiatan penataan terhadap pekerjaan yang dilakukan oleh orang-orang dan kerja sama dalam mencapai tujuan tertentu.

Menurut Prof. Dr. S Prajudi Atmosujio, S.H

Administrasi merupakan proses dan tata kerja yang terdapat pada setiap usaha, baik itu usaha kenegaraan atau swasta, sipil atau militer, usaha besar maupu usaha kecil.

Menurut Munarwadi Reksohadiprojo

Administrasi ialah tata usaha ang mencakup setip pengaturan yang rapi serta sistematis dan juga penentuan fakta tertullis dengan tujuan memperoleh pandangan secara memyeluruh dan hubungan timbal balik antara satu fakta dengan fakta yang lainnya.

Baca Juga  Teks Diskusi

Menurut Dwight Waldo (1971)

Administrasi merupakan suatu bentuk usaha manusia yang kooperatif yang mempunyai tingkat rationaliteit yang tinggi.

Menurut Syamsi

Administrasi merupakan bentuk dari segala kegiatan dalam setiap usaha kerjasama yang dilakukan oleh satu kelompok atau lebih secara bersama dan simultan dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Menurut Drs. Saafroedin Bahar

Administrasi merupakan bentuk dari segala kegiatan atau proses penyelengraan dalam setiap usaha kelompok manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Menurut Soepardi

Administrasi merupakan segala proses kegiatan kerja sama yang dilakukan oleh sekelompok atau lebih dengan bersama-sama dan simultan dalam mencapai tujuan bersama.

Menurut Wilson

Administrasi merupakan ilmu. Pemikiran yang berkenaan dengan supremasi kepemimpinan pejabat politik atas birokrasi itu tercipta dari perbedaan fungsi antara politik & administrasi, dan adanya asumsi mengenai superioritas berbagai fungsi politik administrasi. Slogan klasik pernah juga ditawarkan bila fungsi politik berakhir maka fungsi administrasi itu akan mulai.

Menurut Leonard D. White

Administrasi merupakan suatu proses semua usaha suatu kelompok baik dalam usaha pribadi atau umum.

Menurut Robert D. Calkins

Administrasi merupakan kombinasi antara pengambilan keputusan dengan pelaksanaan dari keputuan tersebut bertujuan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.

Menurut Dr. Sondang P. Siagian MPA (1977)

Administrasi adalah semua proses kerja sama antar dua orang atau lebih yang didasaran atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetukan sebelumnya.

Menurut H.A. Simon

Administrasi didefinisikan sebagai kegiatan sekelompok orang yang mengadakan kerjasama untuk mencapai tujuan bersama.

Menurut White

Administrasi adalah proses yang biasanya terdapat pada semua usaha kelompok pemerntah atau swasta, sipil atau militer, kecil atau besar.

Menurut Wikipedia

Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan

Menurut William H. Newman

Administrasi sebagai pedoman/petunjuk, kepemimpinan dan pengawasan dari usaha-usaha sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama.

Demikianlah pembahasan mengenai Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.