Cara Mengirim File dari HP ke Laptop

Posted on

Digicash.co.id Pada umumnya, orang menginginkan kepraktisan dalam hidupnya. Sama halnya seperti memindahkan file-file di laptop ke HP yang membutuhkan waktu. Kini Anda tak perlu repot membawa file ke dalam bentuk yang berat. Cara mengirim file dari HP ke Laptop ada beragam, namun secara umum dibagi menjadi 2, yakni kabel dan nirkabel (wireless). Untuk lebih jelas, berikut ulasannya.

 

Apa Saja Cara Mengirim File dari HP ke Laptop?

 

  1. Transfer File dari Android ke PC dengan Bluetooth File Transfer

Bagi Anda yang mungkin memiliki fitur bluetooth di laptop atau PC, atau sudah memiliki USB Dongle Bluetooth, maka pengiriman data dengan cara ini bisa menjadi pilihan karena cukup simple dan efisien. Langsung saja, untuk memulai proses pengiriman, kita harus mengaktifkan Bluetooth Android terlebih dahulu, agar prosesnya menjadi lebih mudah. Setelah itu, aktifkan Bluetooth di PC dengan cara berikut.

  1. Pada Windows, tekan Win + I untuk membuka Pengaturan.
  2. Buka bagian “Perangkat” dan pilih tab “Bluetooth & Other Device” di sebelah kiri.
  3. Di sini, klik button pada “Bluetooth”, sehingga menjadi ON dan klik “Add Bluetooth Device”. Ini adalah proses saat bluetooth PC akan “Mencari” bluetooth Android Anda.

Setelah Android Anda ditemukan oleh PC, maka koneksi pun sudah terjalin. Anda bisa dengan mudah mengcopy data layaknya penggunaan kabel data. Anda juga bisa memilih direktori penyimpanan dari file yang baru masuk ke PC dari Android.

 

  1. Mengirim File dari HP Android ke Laptop/PC dengan AirDroid

AirDroid adalah salah satu aplikasi yang memungkinkan Anda melakukan transfer file dari PC ke Android, dengan memanfaatkan jaringan WiFi. Cara pengirimannya pun mudah. Inilah langkah-langkahnya.

  1. Mulailah dengan menginstal dan membuka aplikasi seluler AirDroid. AirDroid akan meminta izin untuk mengakses panggilan, log panggilan, dan media di perangkat Anda. Untuk menggunakan aplikasi dengan kapabilitas penuh, pilih “Izinkan” untuk opsi ini.
Baca Juga  G Shop APK Penghasil Uang

 

  1. Untuk keperluan mentransfer file ke PC, pastikan opsi Files diatur ke On.

 

  1. Selanjutnya, buka Webpage AirDroid dan unduh AirDroid untuk PC dan instal di PC Anda.

 

  1. Pilih ke file yang Anda bagikan, pilih, dan gunakan menu “Share” untuk menemukan AirDroid pada PC. Pilih file dan kirimkan.

 

  1. Gambar yang dikirim melalui AirDroid ke PC Anda dikirim ke aplikasi klien di PC.

 

  1. Cara yang sama berlaku untuk pengiriman dari PC ke Android. Bahkan, pengiriman dari PC ke Android akan jauh lebih mudah, karena Anda hanya perlu drag and drop file saja.

 

  1. Cara Mengirim File dari HP ke Laptop dengan Pushbullet

Pushbullet adalah aplikasi yang mirip dengan AirDroid, bedanya aplikasi ini menggunakan sistem upload ke server utama baru, kemudian didownload ke perangkat tujuan. Meski terdengar ribet, Pushbullet dinilai lebih mudah dalam penggunaannya. Sekarang, cobalah download Pushbullet di Android Anda terlebih dahulu. Kemudian, unduh juga versi PC yang ada di webpage. Berikut langkahnya:

  1. Untuk mengirim file ke PC Anda, ketuk tombol menu di aplikasi dan pilih Push. Selanjutnya, ketuk ikon penjepit kertas, pilih file dan username PC Anda (username akan ditentukan saat Anda menginstal Pushbullet untuk PC), dan tekan tombol “Kirim”.

 

  1. Klien web Pushbullet (PC) menampilkan file yang telah dibagikan.

 

  1. Hampir secara instan, jika Anda berada di jaringan yang sama. Anda akan melihat file tersebut muncul di jendela browser Anda.

 

  1. Transfer File dari Android ke Folder Shared Windows

Jika Anda menggunakan pengelola file Android dan memiliki folder Shared Windows di jaringan lokal Anda, menyalin data ke PC Anda dari Android sangatlah mudah. Metode ini menggunakan aplikasi bernama ES File Explorer. Anda memiliki banyak pilihan pengelola file lainnya di Google Play. Anda mungkin akan menemukan fungsi serupa di aplikasi yang Anda gunakan seperti.

  1. ES File Manager memiliki fitur bernama View on PC, yang dapat Anda buka dengan membuka menu dan memperluas Network.
Baca Juga  Cara agar WhatsApp Tidak Terlihat Online

 

  1. Tap pada “Activate”, lalu salin alamat FTP yang ditampilkan ke browser web (atau pengelola file) PC Anda. Anda akan melihat direktori smartphone Anda untuk menemukan data yang ingin Anda bagikan ke PC Anda.

 

  1. Jelajahi perangkat Android Anda secara wireless untuk menemukan file yang Anda butuhkan.

 

  1. Setelah Anda menemukannya, klik kanan dan pilih Copy to Folder. Kemudian, Anda bisa mempaste di mana pun yang Anda mau

Metode ini mirip dengan menggunakan USB, tetapi tanpa kabel. Manfaatkan kiat ini untuk menyalin lebih cepat di Windows, jika Anda perlu memindahkan file-file itu ke tempat lain.

 

  1. Cara Mengirim File dari HP ke Laptop dengan Kabel USB

Ini dapat dibilang sebagai cara paling dasar dalam melakukan transfer file dari ponsel ke PC. Cara ini pun sangatlah mudah, Anda hanya perlu menghubungkan smartphone dengan PC menggunakan kabel USB. Nantinya, ponsel Anda akan terbaca di PC sebagai sebuah “Removable Disk”, ya mirip seperti flashdisk.

Anda hanya tinggal membuka Removable Disk tersebut dan mencari folder yang berisi file yang perlu Anda copy dari ponsel ke laptop atau PC Anda. Cara ini terbilang cara yang dianggap cukup mudah, cepat, dan jarang gagal.

Namun, ada satu hal yang perlu Anda perhatikan. Tidak semua laptop atau PC sudah terinstal USB Driver. Ini merupakan salah satu kendala dari PC atau Laptop yang baru instal ulang windows. Nah, untuk yang satu ini, ada pembahasan lain lagi. Jadi yang penting, pastikan laptop atau PC Anda sudah terinstal USB Driver agar bisa membaca USB Drive seperti Flashdisk ataupun ponsel.

Selain itu, penting untuk diperhatikan apa pengaturan USB yang berlaku di ponsel Anda, khususnya ponsel Android. Di Android, USB sendiri bisa berfungsi secara bermacam-macam, sebagai berikut.

  1. Charge Only – USB Anda hanya akan menambah isi baterai (charging), tanpa bisa mengirim atau menerima data.
  2. MTP (Media Transfer Protocol) – Ini adalah fitur khusus untuk transfer gambar dan video dengan lebih cepat (bukan dari PC, tapi dari kamera digital).
  3. PTP (Picture Transfer Protocol) – Ini adalah fitur untuk mengirim gambar atau streaming dari Android ke PC.
  4. Mass Storage – PC akan memperlakukan Android Anda sebagia sebuah flashdisk (ini adalah pilihan yang tepat untuk memindahkan file dari Android ke PC atau sebaliknya).
Baca Juga  4 Cara Cek Layar Oppo - Dengan Kode Rahasia (Semua Tipe)

Jadi, jangan lupa pilih Mass Storage di setting Android Anda setelah menghubungkan USB Cable ke PC. Biasanya, pilihan ini akan muncul dengan sendiri setelah USB dicolokkan ke Android dan PC. Jika tidak, Anda bisa mengaturnya melalui menu Connectivity di Setting Android.

 

  1. Transfer File dari Android ke PC Menggunakan Kartu SD

Menggunakan SD Card adalah cara yang juga terbilang klasik. Mudah saja, cukup colokkan card reader ke ponsel menggunakan adaptor bernama USB OTG Card Reader (perangkat ini sudah banyak di counter hape atau bisa dibeli online).

Anda cukup mengcopy file dari Android ke SD Card melalui Card reader. Lalu, masukkan SD card ke Card Reader PC dan copy file seperti biasa. SD Card akan terbaca sebagai Removable Disk, sama seperti metode copy data nomor 5 menggunakan USB.

Dari semua cara yang telah di jelaskan di atas, memang yang paling simple adalah menggunakan Bluetooth atau aplikasi Pushbullet dan AirDroid. Namun, entah mengapa, cara wireless tersebut sering gagal.

Tak hanya itu, wireless transfer seperti itu juga kurang bagus bila digunakan untuk mengirim file dalam jumlah besar dan banyak. Hal itu karena jaringannya akan sangat lemot. Jadi, untuk mengirim file dalam jumlah besar, cara SD Card atau USB Cable adalah cara terbaik.