Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen

Posted on

Cara mematikan update Windows 10 permanen Dari berbagai seri Windows yang banyak dipakai ialah Windows 10, bahkan saat beli komputer atau laptop OS ini sudah terpasang di sana. Meski sering dipakai oleh masyarakat, beberapa orang kerap merasa jengkel dengan fitur update otomatis. Akhirnya, mereka cari cara mematikan update Windows  agar tidak tekor.

Sebenarnya, versi 10 ini merupakan versi terakhir dari Windows yang dirilis. Ke depannya, pengembang tidak akan mengeluarkan versi baru lagi. Namun, melakukan pemutakhiran secara otomatis. Selama tersambung ke internet, OS akan melakukan pembaruan dan hal ini kadang tidak disukai oleh beberapa orang.

 

Mengapa Update Otomatis 10 Kerap Dimatikan?

Windows 10 adalah versi OS dari Microsoft yang bisa digunakan sementara saat ini. Menggunakannya pada komputer akan membantu Anda bekerja dengan maksimal. Sayangnya, beberapa orang merasa terganggu dengan fitur update otomatis yang diberikan, dan berharap untuk mematikannya secara permanen. Berikut beberapa alasan mengapa update kerap dimatikan.

 

  • Memakan Banyak Data Internet

Hal pertama yang sering sekali jadi alasan, mengapa seseorang ingin mematikan fitur update otomatis dari Windows 10 adalah memakan daya. Coba bayangkan, kalau Anda menggunakan koneksi tethering dari ponsel. Data untuk memutakhirkan sistem operasi akan besar dan tahu-tahu paketan Anda jadi habis.

Banyak orang mengaku kalau saat menggunakan komputer dengan koneksi dari ponsel, dia akan kebobolan banyak. Kecuali Anda menggunakan koneksi Wi-Fi yang tidak ada batas kuotanya, saat menyalakan koneksi internet. Namun, kalau hanya bisa pakai ponsel saja, lebih baik bekerja secara offline atau dimatikan seperti yang akan kita bahas di sini.

 

  • Laptop Kadang Terasa Lemot

Update secara otomatis biasanya terjadi begitu saja, dan tidak ada pemberitahuan sebelumnya. Akhirnya, komputer atau laptop yang sedang Anda gunakan mendadak lemot atau beberapa fitur tidak bisa digunakan.

Kejadian seperti ini memang tidak selalu terjadi saat menggunakan komputer. Namun, kalau mendadak terjadi dan Anda sedang sibuk, bisa merusak mood. Apalagi pekerjaannya membutuhkan konsentrasi tinggi.

 

  • Terdeteksi Bukan OS Asli

Satu kenyataan pahit yang terjadi di dunia komputer adalah banyaknya orang yang menggunakan OS tidak orisinal. Artinya, mereka memakai OS yang sudah dipakai orang lain atau mengambil versi dari yang sudah ada crack-nya. Cara ini sebenarnya melanggar hukum dan tidak disarankan.

Kalau seseorang menggunakan OS yang tidak orisinal, cepat atau lambat akan ketahuan. Biasanya akan terlihat di sisi kanan bawah. Walaupun komputer masih dipakai dengan baik, beberapa orang malu kalau sampai orang lain melihatnya. Terlebih, dia seorang pekerja profesional.

 

Baca Juga  Main Game Lancar (Tanpa Lag) - Setting PPSSPP Gold Terbaik

Cara Mematikan Update Windows 10 Permanen yang Mudah

Terlepas dari apa saja alasan yang Anda miliki, sehingga update Windows 10 harus dimatikan, lakukan dengan beberapa cara di bawah ini. Lakukan beberapa cara, kalau tidak berhasil coba semuanya, ya.

 

  • Menyalakan Metered Connection

Metered Connection adalah fitur dari Windows 10 yang membuat OS ini mengenali koneksi yang datanya terbatas. Akibatnya, sistem tidak akan berusaha melakukan update secara otomatis. Komputer menganggap kalau koneksi pas-pasan tidak akan mampu untuk mengunduh semua data yang ada di server. Cara menyalakan Metered Connection bisa dilakukan dengan langkah di ini.

  1. Pastikan komputer atau laptop sudah tersambung dengan koneksi yang biasanya Anda gunakan, misal tethering dari ponsel.
  2. Selanjutnya buka Settings lalu pilih Network & Internet, pilih Status, dan klik Change connection properties.
  3. Gulir ke bawah untuk menemukan bagian Metered connection. Pada bagian Set as metered connection ubah jadi ON dengan menggesernya ke kanan.
  4. Proses sudah selesai dan komputer atau laptop tidak akan melakukan update otomatis.

Ingat, selama Anda menggunakan koneksi yang sama seperti saat diubah jadi Metered Connection poses update otomatis akan dimatikan. Jadi, sampai kapanpun tetap aman, sehingga data yang Anda miliki tidak hilang begitu saja.

Sebaliknya, kalau Anda menggunakan koneksi Wi-Fi atau koneksi lain yang tidak sama ketika melakukan pengesetan, kemungkinan besar akan tersambung lagi. Proses pemutakhiran otomatis akan terjadi lagi.

 

  • Memodifikasi Windows Service

Saat Anda menyalakan komputer, secara otomatis beberapa aplikasi atau sistem mulai bekerja dan melakukan booting. Salah satu sistem itu adalah Windows Updates. Tanpa diminta, fitur itu akan menyala sendiri dan menjalankan tugasnya. Itulah mengapa proses pemutakhiran kerap terjadi, bahkan aplikasi lain seperti antivirus juga langsung terbuka.

Meski terbuka dengan sendirinya, bukan berarti tidak bisa dimodifikasi dengan cara mematikannya. Jika Anda ingin mematikan Windows Service pada bagian update, ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  1. Buka Run dengan cara menekan tombol Windows pada keyboard dengan huruf R secara bersamaan.
  2. Setelah muncul Run, ketikkan “services.msc” lalu tekan Enter untuk melanjutkan prosesnya.
  3. Anda akan dibawa masuk ke bagian Windows Service. Di sana ada puluhan aplikasi atau sistem yang menyala dan sedang bekerja. Cari bagian Windows Update dengan menggulirnya ke bawah sampai ketemu.
  4. Klik Windows Update sampai muncul dialog di bagian samping. Selanjutnya, pada bagian “Startup type” pilih “Disabled”. 
  5. Setelah memilih klik “Stop” di bagian bawah lalu “Apply” dan “Ok”.

Setelah proses di atas dilakukan, proses pemutakhiran tidak akan terjadi lagi. Semua proses pengambilan data baru terhenti. Kalau pada suatu waktu update muncul lagi, coba lakukan lagi cara di atas sekali lagi.

 

  • Melakukan Pause Update

Pada Windows 10 versi terbaru, sudah ada fitur untuk melakukan “Pause Update”. Cara ini bisa dilakukan dengan langkah di bawah ini.

  1. Buka “Settings”, gulir ke bawah untuk menemukan “Update & Security”.
  2. Selanjutnya, pilih “Windows Update” sampai terbuka halaman di sebelahnya.
  3. Gulir ke bawah untuk mendapatkan “Advance Options”.
  4. Pilih Pause Update dengan mengisikan tanggal sebagai durasi. Misal Anda menunda update selama 1 bulan dari sekarang.
  5. Selesai.

  • Mengedit Group Policy Editor

Group Policy Editor adalah fitur pada Windows 10 yang digunakan untuk memodifikasi policy yang dimiliki OS. Kalau ingin mematikan update otomatis dengan cara ini simak caranya.

  1. Bukan “Run” terlebih dahulu, dengan cara tekan tombol Windows dan huruf R bersamaan. 
  2. Ketikkan “gpedit.msc” dengan benar, jangan ada spasi atau salah ketik. Lalu tekan enter.
  3. Setelah halaman baru muncul, pilih “Computer Configuration”. Selanjutnya setelah terbuka klik bagian “Administrative Templates”.
  4. Masuk ke “Windows Components” lalu berlanjut ke “Windows Update”. Selanjutnya, lakukan klik dua kali ke “Configure Automatic Updates”.
  5. Klik “Disable” lalu dilanjutkan “Apply” dan “Ok”.

Sebelum mematikan update otomatis pada Windows 10 yang Anda miliki, ada beberapa hal yang harus diperhatikan baik-baik. Fungsi dari update adalah untuk memperbaiki bagian yang dianggap tidak perlu atau memaksimalkan fungsi, misal fitur keamanan ditingkatkan. Mematikan update, artinya Anda tidak akan mendapatkan pembaruan yang bermanfaat.

Kalau Anda berada di zona yang ada Wi-Fi berkecepatan tinggi, disarankan untuk menyalakan saja fitur itu agar komputer mudah di pakai. Selanjutnya, gunakan versi OS asli agar pemutakhiran tidak menyebabkan masalah. Semoga cara mematikan update Windows 10 permanen di atas bisa membantu Anda saat dibutuhkan.